Beberapa Keuntungan Menggunakan Jasa Managed Services

Jasa Managed Services, atau MSP, biasanya menawarkan layanan pengelolaan selurh infrastruktur IT (Hardware, Jaringan dan Software) dengan model berlangganan. Jasa managed service memungkinkan pelanggan untuk memilih dan menyesuaikan tingkat layanan bisnis yang mereka butuhkan.

Biaya berlangganan bulanan dapat menggabungkan kombinasi beberapa layanan, termasuk bandwidth, layanan jaringan, manajemen desktop, penyimpanan data, infrastruktur server, dan lisensi software. Berlangganan jasa MSP selalu didasarkan pada kontrak tingkat kinerja layanan (SLA) yang dituangkan dalam kontrak layanan tersebut.

MSP akan memantau status layanan pelanggan yang dikelola serta perangkat mereka untuk memastikan bahwa seluruhnya beroperasi dengan aman dan tanpa masalah. MSP juga akan bertindak sebagai titik kontak untuk dukungan pengguna dan memberikan laporan pada setiap masalah jaringan. Berbagai layanan dan pengelolaan layanan tersebut dapat sepenuhnya di tangani MSP, hanya diselenggarakan oleh MSP, atau tugas manajemen dapat bervariasi dari layanan untuk layanan dengan beberapa pengelolaan secara internal dan beberapa dikelola oleh MSP.
Ada beberapa keuntungan sebagai pertimbangan anda untuk outsourcing pekerjaan IT ke para penyedia layanan managed services. Mereka yang memilih untuk menggunakan MSP dapat mengurangi biaya overhead mereka sambil meningkatkan layanan jaringan mereka dan dapat mengimplementasikan jaringan terdistribusi tanpa sumber daya internal yang didistribusikan.

Demikian pula, sudah banyak pengalaman terbukti bahwa perusahaan yang menggunakan jasa MSP telah mengalami pertumbuhan bisnis yang dinamis bahkan dengan anggaran terbatas dan tingkat staf, dan dengan cepat dapat menerapkan teknologi baru untuk tetap kompetitif (transformasi teknologi digital).

Menggunakan jasa managed service memungkinkan perusahaan untuk memberikan dukungan ke karyawan yang banyak tersebar di beberapa lokasi dan memberikan kinerja operasional berkualitas tinggi, ketersediaan layanan yang tinggi selama 24 jam sehari. Menggunakan jasa MSP juga memungkinkan karyawan untuk tetap fokus pada bisnis dan membuat mereka up to date pada teknologi canggih. Misalnya, banyak bisnis akan menemukan bahwa mereka dapat menyimpan hingga 50 persen dengan mengkonsolidasikan layanan suara dan data mereka ke jaringan tunggal atau server hosting dan aplikasi infrastruktur offsite mereka.

Keuntungan Menggunakan Jasa Managed Services

Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan jasa managed services, yang sekaligus merupakan alasan para perusahaan menggunakan jasa outsourcing teknologi informasi ini:

  1. Efisiensi Biaya Operasional

    Ada perusahaan yang mencoba untuk melakukan semuanya sendiri. Hal ini dapat menyebabkan mereka harus melakukan penelitian, pengembangan dan akhirnya biaya operasi menjadi sangat tinggi, yang semuanya sayangnya berdampak pada pelanggan mereka. Biaya bulanan tetap jasa managed service dapat mengurangi biaya operasional organisasi anda dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

  2. Meningkatkan Nilai Dalam Perusahaan Anda

    Managed Services menghemat uang perusahaan anda dan memberikan nilai yang besar dalam perusahaan anda. Perusahaan penyedia jasa managed services akan membantu meningkatkan kehandalan, produktivitas dan efisiensi. Perusahaan anda kemudian akan dapat mencapai beberapa tujuan bisnis dan ekonomis saat menambahkan Managed Services dalam anggaran perusahaan anda.

  3. Mengembalikan Fokus Uama Bisnis

    Managed Services memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada fungsi inti bisnisnya. Jasa outsourcing IT seperti ini dapat membebaskan perusahaan anda dari pemborosan waktu dan energi untuk sesuatu yang mungkin staff perusahaan anda memiliki keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan terbaik terhadao infrastruktur teknologi informasi. Secara otomatis dengan mengambil outsourcing managed services dapat mengurangi keterlibatan staff anda sehingga mereka dapat jauh lebih fokus pada kebutuhan pelanggan anda.

  4. Mengatasi Masalah Dimana Sumber Daya Internal Tidak Tersedia

    Apakah anda tidak memiliki sumber daya internal untuk mengeloa IT di dalam perusahaan anda? perusahaan berkembang atau perusahaan baru yang memperluas teknologi mereka harus mempertimbangkan manfaat menggunakn jasa Managed Services dari sejak awal. Outsourcing IT adalah alternatif yang sangat baik untuk membangun sebuah departemen TI baru dalam organisasi anda. Terkadang tanpa harus ber-investasi, karena jasa managed services yang juga mengoperasikan sebuah data center biasanya menyediakan perangkat dan infrastruktur IT untuk disewakan. Dengan demikian belanja perusahaan anda dapat berhemat 10 kali lipat, dan anggaran modal dapat digunakan perusahaan anda untuk hal lainnya sesuai fokus bisnis utama perusahaan.

  5. Mengurangi Risiko Investasi

    Menjaga kestabilan teknologi yang selalu berubah, terutama teknologi terbaru yang membutuhkan investasi signifikan, bisa sangat berisiko. Para penyedia jasa managed services telah menyediakan apa yang klien perlu untuk ber-investasi. Berbagi investasi ini secara luas mengurangi risiko yang diambil oleh satu perusahaan

  6. Memberikan Arah Terbaik Pada Proses Bisnis dan Teknologi

    Managed Services akan menyediakan kemitraan bisnis sejati untuk organisasi anda. Mereka akan mengevaluasi dan mengidentifikasi peluang teknologi terbaik untuk perusahaan anda dan merampingkan proses bisnis perusahaan anda.

  7. Memastikan Operasional Perusahaan Anda Tetap Berjalan Lancar

    Rintangan dalam suatu organisasi kadang-kadang terjadi, seperti down-time; Oleh karena itu Managed Services akan membantu mempertahankan kinerja operasional perusahaan anda dengan membuka jalur komunikasi. Masalah anda dapat dengan cepat diselesaikan melalui kolaborasi dan pemeringatan dini.

  8. Efisiensi Penggunan Sumber Daya Perusahaan Sesuai Prinsip dan Tujuan

    Semua organisasi memiliki batasan pada sumber daya yang tersedia untuk mereka. Jasa Managed Services memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan sumber daya yang paling sering digunakan karyawan dari kegiatan non-prinsip untuk melayani klien mereka dan untuk menambahkan kebergunaan yang lebih besar pada kegiatan lainnya.

  9. Memberikan Kemampuan Berkelas Dunia

    Jasa managed service yang berpengalaman dalam mengelola klien perusahaan besar di berbagai negara telah membuat investasi besar dalam teknologi, karyawan dan metode penerapan. Spesialisasi dan keahlian dari investasi ini dapat diperoleh bersama dengan pelaksanaan Managed Services di perusahaan anda, dan akan memberikan perusahaan anda keunggulan kompetitif yang lebih besar.

  10. Menjamin Tingkat Layanan Sejalan dengan Tujuan Bisnis

    Managed Services akan membantu perusahaan anda menguraikan kondisi lengkap saat ini dan bagaimana untuk meningkatkan hal tersebut. Jasa managed services akan menjelaskan ruang lingkup kerja, struktur harga dan syarat dan kondisi kemitraan.

Keuntungan Perusahaan Menengah Jika Memakai Jasa Managed Services

Untuk perusahaan besar, seperti perusahan go publik dan sektor pemerintahan, tentunya jasa managed service bukan merupakan “barang baru”. Namun untuk perusahaan menengah seperti jaringan toko retail, ataupun restoran dengan banyak cabang, mungkin jasa pengelolaan teknologi nformasi masih dianggap sebagai “barang mewah”. 

Terdapat sebuah studi kasus pada perusahaan restoran di Indonesia yang merupakan perusahaan keluarga, bahwa mereka berhasil meningkatkan investasi sebesar 25% setiap tahunnya.

Berikut beberapa faktor yang menjadi sebab perusahaan menengah mulai menggunakan jasa MSP:

  • Meningkatkan efisiensi melalui kehandalan Operasional IT (47% – 56%)
  • Meningkatkan kemanan dan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan (38%)
  • Memberikan pendekatan proaktif pada pemeliharaan (27% – 31%)
  • Menghemat Investasi / Meningkatkan R.O.I (28$ – 33%)
  • Membebaskan Staff IT dalam penanganan proyek strategis (25% – 38%)
  • Memberikan Akses Pada Teknologi Terbaru (22% – 28%)
  • Mengatasi Kekurangan keahlian IT terhadap beberapa fungsi (21% – 29%)
  • Mengubah Capital Expense menjadi Operasional Expense (16% – 22%)
  • Biaya yang Terukur (13% – 20%)

Dengan menggunakan jasa managed services, perusahaan retail dan restoran muti cabang dapat mengelola operasional secara terpusat. Baik dalam hal monitoring,  hingga penanganan masalah. Ini dapat dibandngkan dengan pengelolaan tradisional yang mengirmkan seseorang ke seluruh cabang untuk memeriksa kondisi cabang restoran, dan jika terjadi masalah maka penanganan dapat memakan waktu yang lama.

Dengan memakai jasa managed service yang membuat sistem manajemen tersentralisasi tentunya permasalahan operasional dapat cepat terdeteksi dan ditangani serta memberikan tindakan proaktif untuk mencegah terjadinya hal serupa.

Jika operasional IT perusahaan anda serba lancar, tidak menguras sumber daya inhouse, dan anda bisa mendapatkan data secara real-time maka perusahaan anda dapat melangkah dengan cepat ke-depan.

Dalam memilih jasa managed service sebetulnya banyak aspek yang perlu dilihat, mengingat mereka akan menjadi mitra bisnis anda dalam waktu yang panjang. Singkatnya, jasa managed service yang dapat anda andalkan adalah yang memiliki pengalaman tinggi, memiliki background keahlian yang banyak (tidak hanya pada bidang IT), dan memiliki serta mengoperasikan data center hi-tech mereka sendiri sebagai tulang punggung layanan managed services. Jika tidak, anda harus cari sana sini untuk melengkapi jasa-jasa yang dibutukan dalam managed services.

Pertanyaannya sekarang adalah , sudah siapkah anda untuk melakukan transformasi digital pada perusahaan anda untuk mendapatkan kemajuan yang lebih pesat ?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s