Cara Pilih Software Sistem Manajemen Insiden

Memilih solusi manajemen insiden yang tepat membutuhkan waktu dan pertimbangan yang matang. Software manajemen insiden merupakan keputusan bisnis yang paling strategis. Solusi terebut adalah suatu operasi keamanan dimana staf Anda dapat mengandalkan software manajemen insiden tersebut untuk melakukan investigasi setiap hari.Anda perlu tahu bahwa software manajemen insiden tersebut dapat bekerja. Anda harus yakin bahwa software manajemen insiden yang akan di pakai itu dapat memberikan nilai ke departemen keamanan perusahaan Anda. Dan yang paling penting adalah bahwa software manajemen insiden tersebut dapat tumbuh dengan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa fitur yang paling penting dan kemampuan untuk mencari dalam memilih solusi manajemen insiden dan vendor yang Anda percaya:

Fitur dan Kemampuan Software Manajemen Insiden

Efisiensi dan Kemudahan Penggunaan

  • Bagaimana software tersebut dapat membantu Anda melacak insiden dan memastikan aturan bisnis di patuhi ?
  • Untuk pengguna individu, seberapa mudah sofware manajemen insiden tersebut dapat digunakan untuk query data dan mengumpulkan laporan kegiatan, kejadian, penyelidikan, atau kasus tertentu ?
  • Apakah ada solusi manajemen insiden yang dapat digunakan dengan fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan ?

Lihatlah bagaimana sistem pengelolaan insiden membuat alur kerja Anda lebih efisien pada tingkat makro dan mikro. Tidak ada angka mutlak di sini. Solusi manajemen insiden harus meminimalkan jumlah klik dalam mengatasi sebuah insiden, menghilangkan redudansi, dll-jelas tidak harus sulit daripada apa yang Anda lakukan sekarang. Jangan hanya mengambil kata vendor bahwa solusi mereka adalah yang terbaik. Ajaklah mereka untuk memberikan demo, pahami referensi pelanggan mereka, dan mintalah bukti dari konsep bila diperlukan. Biarkan vendor menunjukkan seberapa dekat solusi manajemen insiden sesuai dengan operasional anda saat ini. Jika belum cocok secara sempurna, lihatlah penyesuaian yang perlu dilakukan agar aplikasi mereka dapat sesuai dengan sistem yang ada.

Fleksibilitas Software Manajemen Insiden

  • Apakah mudah untuk mengubah field dan label field (bahkan menambahkan kolom baru) untuk mencocokkan terminologi dan prioritas organisasi Anda?
  • Akan ada perubahan tersebut mempengaruhi kemampuan Anda untuk update ke rilis baru?
  • Dapatkah vendor bekerja dengan Anda untuk memecahkan tantangan atau persyaratan informasi yang unik (misalnya, jika perusahaan Anda memiliki kebijakan di mana satu tahun atau lebih data perlu dibersihkan, dapatkah vendor membuat script yang memungkinkan hal itu terjadi)?

Hampir setiap penyebaran perangkat lunak adalah dinamis, dan kebutuhan dua pelanggan tidak akan sama persis. Anda harus memastikan bahwa vendor menawarkan kekuatan dari aplikasi yang dapat di konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan unik Anda.

Pemisahan Data dan Keamanan Aplikasi

  • Bagaimana software manajemen insiden memungkinkan Anda berbagi atau membatasi data?
  • Dapatkah software manajemen insiden tersebut mengakomodasi kebutuhan berbagi data Anda, sementara pada saat yang sama, menegakkan keamanan data?

Anda mungkin ingin untuk dapat berbagi jenis tertentu dari data (misalnya, untuk kolaborasi antara TI dan departemen Legal selama penyelidikan). Pada saat yang sama, Anda ingin memastikan bahwa petugas keamanan tidak melihat semua informasi bahwa Direktur Keamanan melihat. Ini memerlukan filterisasi atau kemampuan untuk mengkonfigurasi hak askses.

Integrasi Software Manajemen Insiden

  • Apakah ada API terbuka atau layanan web yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan sistem ke aplikasi lain?

Integrasi dan interoperabilitas adalah kunci untuk pusat operasi keamanan Anda (SOC). Apakah itu perangkat lain, aplikasi keamanan, ERP, atau sistem terdahulu, Anda harus memastikan bahwa aliran data dapat mendorong dan menarik antara sistem manajemen insiden dan aplikasi lainnya.

Adaptasi dan Skalabilitas

  • Dapat solusi Anda tumbuh seiring perkembangan kebutuhan¬†departemen keamanan TI?
  • Apakah sulit untuk menambahkan pengguna baru atau lokasi baru?

Ketika bisnis Anda berkembang, Anda tidak ingin terjebak dengan keterbatasan penggunaan atau batas satu wilayah. Pastikan aplikasi dapat tumbuh dan beradaptasi dengan departemen keamanan Anda dan perusahaan secara keseluruhan. Di masa depan, Anda mungkin akan berbagi solusi manajemen insiden untuk bagian SDM , Legal, atau departemen Perlindungan Merek .

Mobilitas Software Manajemen Insiden

  • Apakah ada solusi mobile? Apa yang dapat Anda lakukan dengan itu?
  • Jika koneksi internet terputus, dapatkah solusi insiden dibuat pada aplikasi mobile dan disinkronkan nanti?
  • Dapatkah foto dan video yang di-upload dari smartphone terekam ke catatan insiden?

Banyak petugas keamanan fisik atau penyidik akan berada di lapangan. Memiliki aktivitas, kejadian, orang, perangkat mobile, dan data perusahaan pada smartphone sangat penting. Tim Anda perlu terhubung dari mana saja, kapan saja.

Fitur Lain yang Dapat di Pertimbangkan

  • Apakah Anda memerlukan sistem alur kerja untuk membantu Anda tetap mudah menangani insiden, investigasi, dan penugasan lainnya ?
  • Apakah akan bermanfaat bagi Anda untuk memiliki sistem manajemen kasus di mana Anda dapat mengelompokkan beberapa insiden bersama-sama?
  • Apakah Anda memerlukan bagian penyelidikan yang dapat disembunyikan dari pengguna lain?
  • Sekuat apa hasil pelaporan Anda ? Apakah Anda memiliki orang internal yang melakukan analisis data atau Anda memerlukan alat untuk melakukan hal ini sendiri? Apakah Anda ingin menghapus kebutuhan untuk sistem pelaporan pihak ketiga?
  • Seberapa penting fungsi pencarian Anda? Apakah Anda ingin dapat mencari segala sesuatu dalam sistem manajemen insiden Anda termasuk pengguna bidang yang di definisikan?
  • Apakah Anda perlu pengiriman secara real-time dan software manajemen untuk staff?
  • Apakah penting bagi perusahaan anda untuk memberikan cara khusus bagi para karyawan atau seluruh korporasi untuk mengisi laporan insiden atau meminta petugas menggunakan desktop, tablet, atau smartphone mereka?

Menemukan Vendor Manajemen Insiden yang Dapat di Percaya

Setelah mengetahui apa yang perusahaan anda butuhkan dalam mencari sistem manajemen insiden, saatnya untuk memilih vendor yang tepat untuk mendukungnya.

Otoritas Perusahaan

  • Perusahaan tersebut telah berkecimpung untuk waktu yang lama dan tetap update atau tidak ?
  • Apakah mereka menyelesaikan 3 sampai 5 penyebaran pada ukuran dan ruang lingkup yang sama ?

Ketika mempertimbangkan solusi manajemen insiden, tanyakanlah tentang vendor dan klien mereka. Ini akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik dari keahlian dan kemampuan mereka untuk menangani penyebaran di organisasi Anda.

Kemitraan

  • Apakah mereka memiliki kemitraan sistem yang dapat mereka integrasikan ?
  • Dapat mereka melakukan integrasi secara kustom ?
  • Apakah mereka memiliki strategi kemitraan yang berpikir ke depan untuk memungkinkan sistem mereka dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan perubahan teknologi masa depan ?

Lihatlah kemitraan konsultan manajemen IT tersebut apakan telah terbentuk dan bagaimana mereka cocok untuk operasional keamanan Anda secara keseluruhan. Integrasi dapat menghemat uang dan waktu dengan membawa semua sistem Anda bersama-sama di satu tempat. Dimana software manajemen insiden Anda adalah solusi jangka panjang. Dapatkah vendor menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda untuk saat ini dan untuk masa depan?

Migrasi data

  • Jika Anda beralih ke solusi manajemen insiden baru, dapatkah vendor melakukan migrasi data dari sistem Anda saat ini?

Ini penting. Anda harus dapat memastikan bahwa semua data Anda saat ini dapat bermigrasi ke sistem baru Anda, terutama ketika datang ke pelaporan. Dan, jika Anda memilih untuk model host dengan data yang tersimpan di layanan cloud, mencari tahu jenis backup data dapat memastikan data perusahaan anda tetap terjaga aman.

Dukungan dan Sumber Daya

  • Apa jenis pelatihan dan dukungan yang mereka berikan sebelum, selama, dan setelah penyebaran?
  • Apakah ada profesional keamanan mereka telah bersertifikat yang dapat membantu Anda untuk menyiapkan perangkat lunak Anda?
  • Apakah mereka memiliki tim manajemen proyek yang didedikasikan untuk memastikan jadwal terpenuhi?
  • Apakah dukungan teknis mereka dilakukan seniri atau outsourcing? Apakah tersedia 24/7?

Pastikan vendor memiliki sumber daya untuk menyediakan layanan berkualitas selain produk. Beberapa sistem Anda akan menjadi misi kritis, misalnya, sistem pengiriman Anda yang berjalan ke pusat operasi keamanan Anda. Sistem ini tidak boleh gagal, jadi pastikan vendor memiliki rencana cadangan. Memilih software manajemen insiden yang tepat bisa tampak luar biasa, tapi mengetahui apa yang Anda butuhkan, dan bagaimana Anda ingin sistem untuk bekerja, akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk organisasi Anda dan dapat di andalkan untuk saat ini dan di masa depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s