Meningkatkan Dukungan Layanan Perbankan dengan Fintech

Meningkatkan Dukungan Layanan Perbankan dengan Fintech

Sektor keuangan kini semakin meningkatkan layanan dengan teknologi digital. Persaingan dunia usaha di sektor keuangan bertujuan untuk meningkatkan dukungan layanan perbankan. Dengan ratusan juta pengguna internet mobile di Indonesia, hal ini memunculkan kebutuhan untuk melakukan transformasi digital.

Perusahaan startup telah lebih dahulu membuat aplikasi fintech. Peluang penghasilan per transaksi telah menjadi konsep bisnis secara umum pada jasa fintech. Dukungan layanan perbankan dapat di tingkatkan juga dengan menggunakan teknologi informasi. Baik untuk mendukung layanan transaksi perbankan maupun untuk layanan administrasi.

Teknologi Untuk Meningkatkan Dukungan Layanan Perbankan

Beberapa teknologi informasi terkini dapat meningkatkan dukungan layanan perbankan. Seperti blockchain, dapat menjadi dasar untuk melakukan administrasi tanpa harus berkunjung secara offline. Ini akan memudahkan proses penagihan, pengajuan dan perpanjangan pinjaman dan sebagainya.

Teknologi keuangan akan semakin berkembang. Blockchain dan hyperledger dapat menjadi platform transaksi yang aman dan memiliki proses yang lebih singkat. Blockchain tidak memerlukan bank sentral atau bank kustodian, dan hyperledger merupakan pusat pencatatan transaksi yang dapat dibuka atau di akses oleh orang-orang tertentu.

Sementara itu, pihak perbankan akan selalu berlaku sebagai payment processor pada akhirnya. Bank harus menyiapkan dukungan layanan perbankan untuk seluruh aplikasi fintech secara aman. Teknologi API dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan aplikasi fintech secara aman. Hal ini akan membutuhkan konsep keamanan jaringan yang disebut dengan Zero Trust Network.

Untuk dapat menjalankan hal tersebut, pihak perbankan akan memerlukan fleksibilitas untuk memperkuat infrastruktur teknologi informasi. Dengan metode DevOps dan sarana pemulihan bencana, pihak perbankan tidak perlu lagi khawatir terhadap downtime dan ancaman keamanan.

DevOps akan berguna untuk melakukan orkestrasi infrastruktur IT di perusahaan anda. Pemulihan bencana di fasilitas data center pihak ketiga dapat berguna untuk mitigasi dan mengatasi downtime, baik karena serangan cyber, kesalahan internal, maupun bencana alam. Data center cadangan di pihak ketiga (penyedia fasilitas data center TIER III) merupakan praktek terbaik dalam strategi pemulihan bencana.

Setelah itu, teknologi chat bot dan kolaborasi manajemen dapat digunakan untuk meningkatkan dukungan layanan perbankan. Ini dapat secara efektif menghemat proses dan menurunkan biaya operasional perusahaan anda.

Hal yang perlu diperhatikan

Konsep keamanan dan cadangan merupakan komponen utama dalam melaksanakan transformasi digital. Ini sangat dibutuhkan untuk mendukung produksi inovasi dalam meningkatkan dukungan layanan perbankan anda. Jika tidak, transformasi digital akan berjalan lebih lambat dari pada perusahaan lain secara umum. Bahkan, jika tanpa DevOps dan infrastruktur IT cadangan, transformasi digital dapat menimbulkan masalah pada layanan perbankan anda.

Teknologi untuk meningkatkan dukungan layanan perbankan seharusnya dapat diakses dan digunakan secara lancar tanpa gangguan. Ini akan menjadi salah satu faktor pembeda. Sedangkan tampilan dan kesederhanaan proses yang memudahkan pelanggan akan menjadi penentu kualitas aplikasi fintech anda.

Seiring berjalan waktu, dengan mempertahankan kualitas tersebut, perusahaan akan mendapatkan nilai keunggulan kompetitif. Sedangkan jika layanan mengalami downtime sebagai dampak implementasi transformasi digital yang tidak didukung dengan praktik terbaik, maka penurunan kualitas tersebut akan berdampak pada konsekuensi biaya yang cukup mahal.

Oleh karena itu, kini sudah tidak relevan dengan menganggap infrastruktur cadangan dapat di sediakan sendiri, sedangkan pada kenyataannya bank besar di dunia manapun tidak ada yang benar-benar kebal terhadap downtime. Anda akan membutuhkan strategi keamanan cyber yang lebih dapat di andalkan. Solusi keamanan cyber untuk meningkatkan dukungan layanan perbankan akan memerlukan situs data center di luar data center utama anda.

Meningkatkan dukungan layanan perbankan seharusnya dapat melalui proses inovasi yang berdasar pada kreativitas dan fleksibilitas. Umpan balik dari pengguna dan pelanggan merupakan modal awal dalam melakukan inovasi dan untuk semakin meningkatkan kualitas aplikasi fintech anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s