Jasa Digital Marketing di Jakarta Semakin Banyak Peminat

Jasa Digital Marketing di Jakarta Semakin Banyak Dibutuhkan

Booming .. itu istilah yang tepat untuk pasar jasa digital marketing di Jakarta sekarang ini. Akan tetapi bagi para pengguna jasa digital marketing harus tetap waspada, harus pandai-pandai memilih penyedia jasa yang tepat.

Jasa Digital Marketing di Jakarta

Jakarta sebagai pusat bisnis di Indonesia, terdapat banyak kantor pusat perusahaan-perusahaan besar yang pada awalnya merupakan pengguna jasa digital marketing dengan anggaran yang menggiurkan banyak penyedia jasa pemasaran digital.

Pada tahun 2019, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 170 juta pengguna. Mereka sangat aktif menggunakan internet untuk sosial media, youtube, google search, social chat, dan game online.

Dengan mata yang lebih tertuju ke layar gadget dibanding ke televisi, hampir seluruh brand besar telah mengalihkan sebagian anggaran pemasaran mereka ke saluran digital, terutama sosial media dan youtube.

Mulai lah banyak web series, story telling, branding di Instagam, dan sebagainya. Tentunya semakin banyak perusahaan lainnya yang menganggap bahwa mereka harus lakukan hal yang serupa.

Kemudian, mulai turun ke perusahaan menengah dan perusahaan kecil. Seperti restoran, cafe dan bisnis kuliner lainnya di Jakarta banyak yang mencari jasa digital marketing.

Padahal, apa yang dilakukan perusahaan besar tersebut dengan branding di Instagram, web series di Youtube, tidak sanggup mendongkrak penjualan mereka. Apa sebabnya? 

Inilah fenomena yang terjadi, sebuah brand produk terbesar di Indonesia telah menyatakan mengalami penurunan penjualan. Dan ini kami perhatikan setelah 2 tahun menjalankan program pemasaran di Youtube dan Instagram dengan anggaran yang puluhan milyar.

Di lain sisi, perusahaan menengah dan perusahaan kecil semakin berhalusinasi dengan obsesi dapat penjualan banyak dengan anggaran yang tidak realistis.

Penyebab Kegagalan Pemasaran Digital

Ada 5 penyebab kegagalan pemasaran digital yang utama:

  • Kurang pahamnya apa itu digital marketing, sehingga tidak dapat membedakan antara konsultan pemasaran digital dengan creative agency, bahkan EO. Ini sangatlah fatal, karena dapat berdampak pada pemborosan anggaran perusahaan.
  • Tidak memiliki strategi digital marketing. Tanpa strategi yang terstruktur dan mengarah pada tujuan bisnis, ini artinya pemborosan biaya dan membuang-buang waktu.
  • Tidak realistis dalam anggaran. Bisnis skala apapun harus realistis dalam menganggarkan biaya pemasaran digital yang rata-rata 5 sampai 10% dari total omset.
  • Tidak ada pengukuran. Tanpa pengukuran, artinya Anda melakukan pemasaran digital seperti orang mabuk yang ngamuk dengan melancarkan serangan kesana kemari.

Jika manajer pemasaran Anda memiliki 5 kriteria tersebut, dapa kami sarankan agar Anda menekankan untuk menggunakan konsultan digital marketing yang memiliki sertifikasi kompetensi, semisal dari Google Academy.

Di tengah semakin banyaknya peminat akan jasa pemasaran digital di Jakarta, ada sedikit kekhwatiran yang tersirat. Dimana tanpa sertifikasi yang diakui secara internasional, banyak pihak yang berani menerima jasa digital marketing dan dengan anggaran ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Menemukan Konsultan Digital Marketing yang Tepat di Jakarta

Saat ini masih dipenuhi oleh agensi kreatif dan periklanan. Bahkan event organizer yang memiliki designer grafis pun turut serta memproklamirkan diri sebagai “Digital Agency”.

Lantas, para pengguna jasa digital marketing di Jakarta semakin absurd membedakan arti Digital Marketing Consultant dengan Digital Agency. Sebetulnya yang mereka cari adalah Konsultan Digital Marketing.

Lantaran creative agency, agen periklanan dan EO ‘malu-malu kucing‘ menyatakan diri sebagai konsultan maka mereka membuat saru menjadi “DIGITAL AGENCY”. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah creative agency bukan konsultan digital marketing

Fenomena seperti ini tidak hanya di Indonesia, hanya saja di luar negeri seperti di Amerika Serikat, hal tersebut sudah berlalu sejak 5 tahun terakhir. Yah, kita memang sering terlambat 5 sampai 10 tahun.

Meskipun begitu, Anda harus pahami perbedaan mendasar antara penyedia Jasa Digital Marketing di Jakarta dengan jasa kreatif dan jasa periklanan.

Jasa digital marketing akan memberikan strategi digital marketing secara menyeluruh, terstruktur dan mengarah pada tujuan bisnis untuk masing-masing client.

Ini merupakan perbedaan mendasar yang wajib Anda tanyakan sebelum memutuskan bermitra dengan penyedia jasa digital marketing di Jakarta.

Mulai lah untuk menyadari arti dan fungsi dari digital marketing secara benar. Terutama untuk Anda para pimpinan pemasaran di perusahaan besar yang bertanggung jawab terhadap anggaran pemasaran yang tidak sedikit.

Kebutuhan akan creative agency datang setelah adanya strategi digital marketing. Ini merupakan urutan proses yang tidak boleh sampai terbalik.

Dan ini artinya, digital marketing tidak hanya sekedar web series, atau konten grafis yang nge-brand saja. Mau sampai kapan produk Anda melakukan brand awareness?

Dengan konsultan digital marketing sebagai mitra Anda di belantara pemasaran digital, brand Anda tidak hanya jadi penggembira di jalur digital, akan tetapi dapat lebih “membumi” dan berdampak pada pertumbuhan bisnis.

Kesimpulan:

Era transformasi digital telah berlangsung di Indonesia selama 2 tahun lebih. Bisnis yang tidak segera beralih ke digital akan semakin tertinggal, kita bisa lihat pada dampak disrupsi yang dimulai oleh bisnis transportasi online.

Perlu kita pahami, transformasi digital merupakan proses terus menerus.

Digital marketing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan.

Perkembangan digital marketing di Indonesia masih jauh dari optimal. Demikian ketersediaan tenaga kerja di bidang pemasaran digital juga masih minim, apalagi tenaga ahli dalam pemasaran digital.

Banyak pihak yang sebetulnya tidak kompeten untuk disebut sebagai konsultan digital marketing, namun mereka berhasil merayu perusahaan-perusahaan besar untuk menggunakan jasa mereka yang pada akhirnya menyebabkan penurunan penjualan.

Pada akhirnya, Anda harus dapat memilih jasa digital marketing yang menawarkan strategi secara komprehensif. Ini artinya, strategi pemasaran digital tersebut akan terstruktur dan mengarah pada tiap-tiap tujuan bisnis Anda.

Semoga artikel ini dapat mencerahkan para praktisi dan pimpinan perusahaan di Indonesia.